Friday, January 8, 2016

Cara membuat gambar RODA di CorelDRAW

     

    RODA.jpg


      1.      Buka Aplikasi CorelDraw, klik Icon Corel di Dekstop atau di StartMenu dan buatlah Dokumen baru seperti biasa. Maka akan nampak lembar kerja seperti dibawah ini.




     2.     Buat Obyek lingkaran dengan memilih Ellipse Tool pada Toolbox sebelah kiri. Pastikan ukuran Tinggi dan Lebar Lingkaran sama. Lihat Property Bar diatas cari Object Size, lalu isi masing – masing ( Hight & Width ) dengan nilai 100,0 mm.

   Object Size : 


    Hasilnya :




     3.  Copy (Ctrl+C) dan Paste (Ctrl+V) lingkaran tersebut, Lihat Property Bar diatas cari Object Size  kemudian isi masing – masing ( Hight & Width ) dengan nilai 80,0 mm.

   Object Size :


   Hasilnya :




4.   Buat kotak Persegi Panjang ditengah-tengah lingkaran dengan Tinggi = 8 mm. Pilih Rectangle Tool yang ada di Toolbox sebelah kiri lalu tempatkan kursor di tengah lingkaran. Untuk menempatkan kotak tepat ditengah lingkaran klik Object -> Align and Distribute -> Pilih Align Center Vertically dan Align Center Horizontally.





5.   Copy (Ctrl+C) dan Paste (Ctrl+V) kotak tersebut dan putar dengan sudut kemiringan 45 derajat , Pilih Angel Of Rotation pada Property Bar diatas isi dengan nilai 45.


    Hasilnya :




       6.     Ulangi Langkah 5 sebanyak dua kali yang pertama Pada Tool Angel Of Rotation isi dengan nilai 90' dan yang kedua isi dengan nilai 135'. Jika berhasil akan nampak gambar seperti dibawah ini.






     7.   Buatlah lingkaran Kecil tepat ditengah obyek. Caranya Copy (Ctrl+C) dan Paste (Ctrl+V) salah satu lingkaran tersebut, Lihat Property Bar diatas cari Object Size  kemudian isi masing – masing ( Hight & Width ) dengan nilai 30,0 mm.


    Hasilnya :



     8.       Pilih ketiga obyek kotak dan satu obyek Lingkaran yang kecil (tekan Shift dan tahan, Klik Obyek yang dipilih). Lalu kombinasika (Menggabungkan) keempat Obyek tersebut. Pada Property Bar diatas  Cari Tool Combine lalu Pilih Weld.

 

    Hasilnya :





  9.  Pilih kedua Obyek Lingkaran yang besar ( tekan Shift dan tahan Klik Obyek yang dipilih ). Lalu kombinasikan kedua obyek tersebut. Pada Property Bar diatas Cari Tool Combine lalu Pilih Back Minus Front. Agar nampak perbedaannya pilih warna pada Color Pallete yang ada disebelah kanan, pilih misalnya warna Coklat Muda.


    Hasilnya :





   10.   Sekarang kita sudah mempunya dua Obyek. Kombinasikan dua obyek tersebut lalu pada Property Bar diatas Cari Tool Combine lalu Pilih Weld.

 
    Hasilnya :





 11. Sekarang tinggal kita Export File Tersebut menjadi File JPEG (Joint Photographic Experts Group). Caranya pilih File -> Export (Ctrl+E) kemudian muncul jendela Export beri nama File contoh : RODA, letakkan file di Folder penyimpanan lalu tekan Export. Selesai !.






 Selamat mencoba, semoga bermanfaat.



 Maaf bila ada kekurangan, silahkan komentarnya...






No comments:

Post a Comment